Perencanaan Strategis Korporasi dan Devisi

Mohammad Suyanto

Abstract


Perencanaan strategis atau manajemen strategis merupakan sekumpulan keputusan dan tindakan yang dirancang untuk mencapai sasaran perusahaan. Dengan demikian manajemen strategis melibatkan pengambilan keputusan berjangka panjang dan rumit serta berorientasi masa depan dengan membutuhkan sumberdaya yang besar dan partisipasi manajemen puncak. Manajemen strategis merupakan proses tiga tingkatan yang melibatkan para perencana di tingkat perusahaan, unit bisnis dan fungsional serta para perencana pendukung lainnya.
    Perusahaan  yang  baik  tahu bagaimana  caranya  beradaptasi  dan bereaksi terhadap pasar yang selalu berubah, dengan cara menerap¬kan  perencanaan strategis yang berorientasi pada pasar. Perusa¬haan itu tahu bagimana mengembangkan dan mempertahankan kemampuan yang  menguntungkan  antara  sasaran, sumber  daya  dan  peluang-peluang  bisnis. Mereka juga menyelenggarakan proses  perencanaan strategis, baik di tingkat perusahaan, di tingkat unit bisnis maupun  di tingkat produk.    
Sasaran-sasaran dikembangkan  di  tingkat perusahaan  dan dijabarkan ke tingkat yang lebih rendah  di  mana rencana strategik bisnis dan rencana pemasaran disiapkan  sebagai pedoman berbagai kegiatan perusahaan. Perencanaan stategik melip¬uti  siklus perncanaan, implementasi dan pengendalian yang  beru¬lang.
Perencanaan  strategis  perusahaan mencakup  empat  kegiatan perencanaan, yaitu  mendefinisikan visi dan misi korporasi, membangun unit bisnis strategis, mengalokasikan sumberdaya untuk masing-masing unit bisnis strategis dan menilai peluang bisnis yang muncul.  

Refbacks

  • There are currently no refbacks.