Tahap Pra Produksi Iklan Televisi

Mohammad Suyanto

Abstract


Tahap Pra Produksi adalah tahap semua pekerjaan dan aktivitas yang terjadi sebelum iklan televisi diproduksi secara nyata. Perencanaan secara baik sebelum diproduksi dapat menghemat biaya bagi pemesan iklan televisi. Inilah manfaat utama dari tahap pra produksi.
Pertama-tama yang harus difikirkan pada tahap pra produksi oleh produser adalah mempelajari naskah, storyboard dan menganalisis teknik produksi yang akan diterapkan dalam produksi iklan televisi. Teknik produksi tersebut meliputi “live action”, animasi dan efek-efek optis (efek-fek spesial).

Untuk menggambarkan orang-orang dan sesuatu yang serupa dengan dunia nyata, situasi setiap hari, seperti potongan kehidupan dalam iklan televisi, maka dibutuhkan teknik “live action”.   Jika iklan televisi membutuhkan live action, produser harus mempertimbangkan apakah action  tersebut di ruang studio, diluar studio atau suatu lokasi yang jauh dari studio. Apakah iklan televisi tersebut diujudkan dalam VCD, DVD, kaset video (VHS, SVHS, BETACAM SP), atau dalam film ?. Semua faktor tersebut mempengaruhi peralatan, sumberdaya manusia yang diperlukan, kostum yang dipakai, ijin yang diperlukan, aktor atau aktris yang digunakan dan biaya yang dikeluarkan. Jika menggunakan anak-anak harus ada latihan khusus. Anak-anak dan binatang sulit diprediksi dan sering menyebabkan produksi mengalami penundaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.