PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI BANGSA INDONESIA

FENDHI CANDRA PURNAMA

Abstract


Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia. Dalam pengertian ini, Pancasila disebut juga way of life, weltanschaung, wereldbeschouwing, wereld en levens beschouwing, pandangan dunia, pandangan hidup, pegangan hidup dan petunjuk hidup. Dalam hal ini Pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam segala bidang.
Pancasila adalah pandangan hidup/jati diri bangsa dan dasar negara Republik Indonesia. Pancasila juga merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan negara Republik Indonesia. Maka manusia Indonesia menjadikan pengamalan Pancasila sebagai perjuangan utama dalam kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan kengaraan. Oleh karena itu pengalamannya harus dimulai dari setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara yang secara meluas akan berkembang menjadi pengalaman Pancasila oleh setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik dipusat maupun di daerah.
Masyarakat harus bisa memaknai arti dari Pancasila. Karena pancasila itu merupakan Jati Dirinya bangsa Indonesia itu sendiri. Yang mana di dalam pancasila memiliki lima sila yang didalam sila tersebut mempunyai makna yang sangat berarti dan bermanfaat.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.