PANCASILA SEBAGAI PEDOMAN HIDUP BANGSA INDONESIA

Ginanjar Setyo

Abstract


Pancasila adalah ideologi/gagasan dasar bagi negara Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta dan terdiri dari dua kata, yaitu panca dan sila. Panca mempunyai arti lima (5) sedangkan sila mempunyai arti pedoman atau peraturan tingkah laku yang baik. Dengan kata lain Pancasila merupakan lima dasar yang berisi rumusan atau pedoman kehidupan suatu bangsa dan negara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang sudah ditentukan oleh para pendiri negara ini haruslah menjadi sebuah acuan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, berbagai tantangan dalam menjalankan ideologi pancasila juga tidak mampu untuk menggantikankan pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, pancasila terus dipertahankan oleh segenap bangsa Indonesia sebagai dasar negara, itu membuktikan bahwa pancasila merupakan ideologi yang sejati untuk bangsa Indonesia.
Negara Indonesia ingin mengadakan suatu perubahan, yaitu menata kembali kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya masyarakat madani yang sejahtera, masyarakat yang bermartabat kemanusiaan yang menghargai hak-hak asasi manusia, masyarakat yang demokratis yang bermoral religius serta masyarakat yang bermoral kemanusiaan dan beradab.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.