Strategi Pengembangan Produk Baru

Mohammad Suyanto

Abstract


Perusahaan atau organisasi daat ini sudah semakin meningkat kesadarannya atas betapa pentingnya dan bermanfaatnya pengemban¬gan produk atau jasa baru. Produk yang saat ini beredar di  pasar menghadapi  akhir  tahap daur hidup produknya  dan memang  harus diganti dengan produk yang lebih baru.
Namun  produk baru pun bisa gagal total.  Selain menghadapi keberhasilan,  pembaruan  produkpun ditantang oleh resiko yang tidak  kalah besar. Kunci keberhasilan suatu pembaharuan terletak pada pengelolaan organisatoris yang lebih efektif dalam menangani gagasan  produk  baru, menyelenggarakan penelitian mendalam  dan prosedur  pengambilan keputusan pada setiap tahap proses  penge¬bangan produk baru.
Proses  pengembangan  produk baru  mencakup  delapan tahap; penciptaan gagasan, penyaringan gagasan, pengembangan dan pengu¬jian  konsep, pengembangan strategi pemasaran,  analisis bisnis, pengembangan produk, uji coba pemasaran dan kegiatan komersialisa¬si. Tujuan masing-masing  tahap  adalah  tercapainya keputusan meneruskan atau membatalkan gagasan produk baru itu. Sudah wajarlah  bila perusahaan inign memperkecil kemungkinan bahwa  gagasan yang lemah dikembangkan dan justru gagasan bagus ditolak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.